085233649857 (WA) || 085722127847 || Pin: 528518D7

Media Jaya Teknik Surabaya
Home » » Cara Mengetahui LNB Masih Bagus atau Rusak

Cara Mengetahui LNB Masih Bagus atau Rusak

Posted by Indovision surabaya on Sabtu, 09 April 2016

Cara Mengetahui LNB Masih Bagus atau Rusak

LNB (Low Noise Block) yang banyak digunakan umumnya berjenis S Band, Ku Band dan C band. Dari masing-masing LNB tersebut digunakan untuk lock jenis satelit yang berbeda-beda pula. Dari segi bentuknya LNB S Band Ukurannya lebih besar dari yang lainnya. Sedangkan Ku Band ukurannya yang paling  kecil. Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan saya sebelumnya mengenai perbedaan LNB. Selain itu untuk pengaturan di receiver digital juga berbeda. Oleh sebab itu sebelum menggunakannya kita harus tahu terlebih dahulu fungsi dan kegunaan dari masing-masing LNB tersebut.
Lalu bagaimana cara mengeahui kalau LNB yang digunakan telah rusak?
  1. Untuk mengetahui hal tersebut biasanya saya mencobanya dengan menghubungkannya terlebih dahuu ke receiver digital, sebelum dipasang ke antena parabola. caranya sebagai berikut:
  2. Pasang konektor LNB dan hubungkan dengan Receiver digital parabola
  3. Hidupkan Receiver  dan atur sesuai dengan jenis LNB
  4. Tekan info pada remot untuk melihat intensitas sinyal
  5. Jika LNB masih bagus maka akan ada sinyal pada bagian intensitas
  6. Sedangkan jika kosong atau hanya sedikit saja signal dapat dipastikan LNB sudah rusak.
Cukup mudah bukan, namun perlu anda tahu juga bahwa belum tentu LNB yang masih bagus intensitas sinyalnya dapat dikatakan masih baik. karena kadang kala saat dipasang tidak ada satelit yang tertangkap sama sekali, bahkan kadang signal lemah terus atau hanya bisa lock bagian Vertikal/ Horizontal saja. Untuk itu perlu pengecekan lagi setelah pengujian pertama tadi. Jika anda menggunakan jenis twin LNB atau LNB double biasanya salah satu LNB tersebut ada dua buah konektor yang satu menuju receiver dan yang lainnya menuju LNB 2, Nah pada LNB yang memiliki dua konektor didalamnya sudah tertanam switch internal 22K (on/off) oleh sebab itu jika switch didalam rusak tentu akan berpengaruh terhadap kualitas sinyal dan bisa saja sinyal menjadi lemah bahkan tidak ada sama sekali. oleh sebab itu coba gunakan satu persatu dulu untuk melock satelit. Jika aman maka tambahkan saja switch external (switch diluar) mudah-mudahan bisa.


Selain hal tersebut kadang kala ada juga karena kabel kawat konektor di dalam LNB sudah putus atau tidak tersambung lagi, biasanya disebabkan karena saat kita membuka konektor baut diLNB ikut berputar, sehingga mengakibatkan Kawat terputus dari solderannya. itulah kadang mengakibatkan signal lemah atau bahkan hilang timbul saat digunakan. Jadi pada dasarnya untuk mengecek LNB sebaiknya di tes satu-satu agar bisa kita ketahui mana LNB yang sudah tidak berfungsi.


http://www.masputz.com/


2 komentar:

  1. Kalau LNB dihubungkan dengan receiver tanpa dipasang pada dish, intensitas sinyalnya 28% itu masuk kategori lemah atau kuat Gan?

    BalasHapus
  2. Klo switch eksternal apa bisa terbakar ato rusak oleh petir, gan?

    BalasHapus

.comment-content a {display: none;}