085233649857 (WA) || 085722127847 || Pin: 528518D7

Media Jaya Teknik Surabaya
Home » » Cara Memanfaatkan dish bekas TV Berbayar

Cara Memanfaatkan dish bekas TV Berbayar

Posted by Indovision surabaya on Sabtu, 09 April 2016

Cara Memanfaatkan dish bekas TV Berbayar

Dish bekas pay TV atau bekas televisi berbayar kadang sering kita temukan di pedagang besi tua atau rongsokan. Yang biasanya pemilik dish tersebut sudah tidak berlangganan lagi ataupun tidak menggunakannya lagi karena beberapa sebab. Misalnya tidak membayar tagihan bulanan , sudah bosan channel diacak atau scramble $ atau yang lain .


Pada gambar diatas merupakan contoh Dish offset yang  coba saya manfaatkan untuk manangkap satelit NSS6/ SES8 dengan ST2, yang pada waktu itu banyak sekali siaran bola disat tersebut. selain itu ada juga channel faforit thailand seperti bbtv ch3, imongkol, iasia, True10 dan sebagainya di SES 8 yang didalamnya banyak film katesnya. Untuk melocknya sebaiknya gunakan receiver digital MPEG4 HD, agar semua siaran bisa ditangkap.

Pada gambar di atas dapat kita lihat dish offset dengan LNB S band bekas indovision yang  saya ganti dengan LNB Kuband untuk traking siaran gratis dari bebrapa satelit . Karena satelit yang bisa dilock dengan jenis LNB Kuband itu lumayan banyak sekali , sedangkan untuk jenis S Band walaupun kualitas sinyalnya bisa di bilang bagus namun hanya bisa untuk menangkap satelit SES 7 seperti Indovision, Top TV dan Okevision saja .

Nah jika anda punya dish bekas langganan dan sudah berhenti ,selama belum diambil anda bisa manfaatkan saja untuk menangkap satelit lain dengan menggunakan jenis LNB KU band ini. biasanya kan ada dari pihak penyedia tv langganan yang hanya mengambil dekoder atau yg lainnya saja , sedangkan dishnya di tinggal , daripada di jual lebih baik di manfaatkan . 

Di Indonesia sendiri sekarang banyak sekali penyedia layanan TV Berbayar seperti Indovision, Transvision, Orange TV, TOPTV, Oke Vision, Big TV dan sebagainya. Biasanya satelit yang dilock adalah jenis S band dan Kuband, untuk itulah parabola yang dipakai adalah jenis offset. yaitu LNB tidak berada ditengah seperti pemasangan pada parabola prime fokus.

Selain itu ada juga LNB C band dipasang pada dish offset seperti Transvison atau Telkomvision (dulu), namun signal yang didapat tidak akan bisa maksimal, hanya signal yang kuat bisa di lock. mengenai perbedaan pemasangan antara LNB Cband pada parabola prime fokus dengan ku band pada dish offset bisa dilihat pada ilustrasi saya berikut
Jadi memanfaatkan dish ex pay tv adalah dengan mengganti jenis LNB untuk lock satelit lain yang gratis atau FTA, misalnya untuk lock sat thaicomku, SES8 ku, zamjari, vinasat dan sebagainya. Harga LNB kuband juga bervariasi, mulai dari 50 ribu sampai dengan 300 ribu. Mungkin itu saja post kali ini dan semoga bermanfaat.


3 komentar:

  1. SY ADA BEKAS DIHS NYA BINGUNG CARANYA KASIH GAMBAR YANG JELAS DONG MIN

    BalasHapus
  2. Trus receiver nya di ganti nggak ya boss? Terus terang saja aq gak bisa cara nyetel nya.... gimana boss

    BalasHapus
  3. Trus receiver nya di ganti nggak ya boss? Terus terang saja aq gak bisa cara nyetel nya.... gimana boss

    BalasHapus

.comment-content a {display: none;}